Ads 468x60px

Hemat Pemakaian AC = Hemat listrik

Setelah pada artikel sebelumnya (http://goo.gl/ff7GQP) kita membahas bagaimana menentukan kapasitas AC yang tepat di ruangan anda, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menghemat penggunaan AC agar dapat menghemat penggunaan listrik di rumah anda.
Faktanya, lebih dari 50% konsumsi energi listrik di rumah adalah untuk alat penyejuk udara, atau air conditioner (AC). Di kantor, angka ini naik hingga 70%.

Solusinya? Dengan mengurangi penggunaan AC kita tidak hanya bisa menghemat uang saja, namun dapat memperpanjang umur AC.
Kita mulai dari awal. Sebenarnya, konsep awal penggunaan AC ruangan adalah untuk menyejukkan ruangan, bukan mendinginkan ruangan kan..??
Jika anda ingin suhu dingin seperti iklim negara eropa, maka mending berpikir pindah negara saja.. hehehe.

Bukankah udara alami nan segar itu baik untuk kesehatan ?? Dan bukankah udara AC yang kita hirup terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan??
Realitanya, jaman sekarang ini sudah sulit untuk tinggal di rumah di daerah perkotaan yang dibangun dengan menggunakan ventilasi alami, tanpa AC. Seringkali kita terpaksa menggunakan AC karena tidak tahan akan panasnya udara. Untungnya, banyak sekali langkah yang dapat kita terapkan untuk menghemat penggunaan AC.
Begini caranya:
1. PILIH AC HEMAT ENERGI
Saat ini AC hemat energi diwakili dengan teknologi INVERTER. Jadi jika anda ada rencana membeli AC baru, maka belilah tipe INVERTER ini, biarpun sedikit lebih mahal namun dapat menghemat tagihan bulanan listrik anda.
2. AKTIFKAN TIMER AC
Pakai timer AC disaat pemakaian malam hari.
Misalkan : perintah otomatis mematikan AC saat jam 3 subuh.
Manfaatkan sejuknya suhu ruangan tersebut sampai anda bangun di pagi harinya.
3. ATUR SUHU AC PADA 25°C
Ini yang terpenting..!!
Untuk aktivitas sehari-hari, suhu AC yang paling optimal dari sisi kenyamanan dan pemakaian energi yaitu 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan.
Ingat: setiap kenaikan temperatur 1°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5% (BPPT).
Tindakan ini selain dapat menghemat listrik juga dapat memperpanjang umur AC. Tentunya dengan catatan kapasitas AC ruangan anda telah diperhitungkan secara tepat ( baca artikel kami sebelumnya di http://goo.gl/ff7GQP ).
Selain 3 hal diatas, beberapa tindakan lainnya yang turut membantu penghematan listrik karena pemakaian AC adalah : perawatan rutin AC, penggantian AC lama, dll.
Semoga bermanfaat